- Dialog berbasis perintah tunggal
- Dialog berbasis bahasa pemrograman
- Antarmuka berbasis bahasa alami
- Sistem menu
- Dialog berbasis pengisian barang
- Antarmuka berbasis ikon
- Sistem penjendelaan
- Manipulasi langsung
- Antarmuka berbasis Interaksi Grafis
- Inisiatif
- Keluwesan
- Kompleksitas
- Kekuatan
- Beban Informasi
- Konsistensi
- Umpan Balik
- Observabilitas
- Kontrolabilitas
- Efisiensi
- Keseimbangan
- Ragam dialog ini merupakan ragam yang paling konvensional
- Perintah - perintah tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai, dan berada dalam suatu domain yang disebut bahasa perintah (command language). Misalnya DOS
Beberapa sifat setiap ragam dialog:
- Inisiatif
Sifat dasar dari sembarang dialog sehingga dapat ditentukan tipe-tipe pengguna yang dituju oleh sistem yang di bangun
- Keluwesan
Sistem yang mempunyai kemampuan untuk mencapai suatu tujuan lewat sejumlah cara yang berbeda - Kompleksitas
Kemampuan sistem untuk memberi tanggapan terhadap keluwesan karena semakin kompleks suatu sistem semakin "rumit" implementasi sistem tersebut. - Kekuatan
Jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang di berikan oleh pengguna - Beban Informasi
Ragam dialog yang terjadi antara komputer dengan manusia yang lebih menitik beratkan pada penyajian informasi yang dihasilkan komputer kepada pengguna.
- Konsistensi : Konsistensi merupakan atribut yang sangaat penting untuk membantu pengguna dalam mengembangkan mentalitas yang diperlukan dalam pengoperasian sebuah sistem komputer
- Umpan Balik : Ketika sebuah program aplikasi sedang dijalankan, pengguna seringkali harus menunggu sampai komputer menampilkan hasil yang ia inginkan
- Observabilitas : Sistem dikatakan mempunyai sifat observabilitas apabila sistem itu berfungsi secara benar dan nampak sederhana bagi pengguna, meskipun sesungguhnya pengolahan secara internalnya sangat rumit
- Kontrolabilitas : kotrolabilitas merupakan kebalikan dari observabilitas, dan hal ini berimplikasi bahwa sistem selalu berada di bawah kontrol pengguna
- Efisiensi : Efisiensi dalam sistem komputer yang melibatkan untuk kerja manusia dan komputer secara bersama-sama adalah throughput yang diperoleh dari kerjasama antara manusia dan komputer
- Keseimbangan : Strategi yang diambil dalam perancangan sembarang sistem manusia-komputer haruslah dapat membagi-bagi pekerjaan antara manusia dan komputer seoptimal mungkin
- Ragam Dialog Interaktif
- Dialog berbasis perintah tunggal(Command line dialogue).
Perintah-perintah tunggal yang dapat diopersaikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai - Dialog berbasis bahasa pemrograman (Programming language dialogue)
Dalam keadaan tertentu, penggunaan dialog berbasis perintah tunggal sering tidak memadai, khususnya ketika pengguna harus memberikan sederetan perintah-perintah yang sama setiap kalia ia menjalankan program aplikasi tersebut - Antarmuka berbasis bahasa alami(Natural Language Interface).
Dalam film fiksi ilmiah kita sering kali melihat adanya komunikasi antara manusia dengan komputer lewat suatu bahasa ucapan yang secara jelas memanfaatkan bahasa alami(natural language) - Sistem Menu : sistem menu merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna.
Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suuatu kalimat atau kumpulan beberapa kata -
Dialog berbasis pengisian formulir(Form filling dialogue)
Teknik dialog pengisian barang (form-filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian barang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk barang yang ada di layar komputer yang mereka gunakan - Antarmuka Berbasis Ikon
Ragam dialog yang banyak menggunakan simbol-simbol dan tanda-tanda untuk menunjukkan suatu aktifitas tertentu disebut dengan antarmuka berbasis ikon - Sistem Penjendelaan(Windowing System)
Bagian dari layar yang digunakan untuk menampilkan suatu informasi. Informasi disini dapat berupa informasi tekstual maupun grafis - Manipulasi Langsung
Karakteristik yang sangat penting dari ragam dialog ini adalah adanya penyajian langsung suatu aktifitas oleh sistem kepada pengguna sehingga aktifitas itu akan dikerjakan oleh sistem komputer ketika pengguna memberikan instruksi lewat manipulasi langsung dari semacam kenyataan maya (virtual reality) yang terpampng lewat tampilan yang muncul di layar - Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
Secara umum cukup sulit membedakan antarmuka berbasis manipulasi langsung dengan antarmuka berbasis interaksi grafis
- Dialog berbasis perintah tunggal(Command line dialogue).
- Dialog berbasis perintah tunggal (Command line dialogue).
"Perintah-perintah tunggal yang dioperasikan tergantung dengan sistem operasi komputer yang dipakai". Contoh:
DOS(dir, delete, format, copy, dll)
Unix/Linux(Is, vi , who, passwd, dll) - Dialog berbasis bahasa pemrograman (Programming
language dialogue)
"Dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas(file) berupa batch file". - Antarmuka berbasis bahasa alami (Natural language
interface)
"Dialog yang berisikan instruksi-intruksi dalam bahasa alami(manusia) yang diterjemahkan oleh sistem penterjemah" - Sistem Menu
"Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas"
Sistem Menu terbagi menjadi 2 yaitu:- Sistem Menu Datar : sistem menu yang menampilkan semua pilihan secara lengkap
- Selector pilihan
- Penggunaan tanda terang (Highlight marker)
- Sistem Menu Tarik (Pulldown): sistem menu yang akan menampilkan pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu
- Sistem Menu Datar : sistem menu yang menampilkan semua pilihan secara lengkap
- Dialog berbasis pengisian formulir(Form Filling dialogue).
"Dialog dimana pengguna (user)dihadapkan ke suatu entuk formulir dilayaer komputer yang berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah di tentukan" - Antar muka berbasis ikon(icon)
"Dialog yang menggunakan simbol atau tanda untuk menunjukan suatu pilihan aktifitas tertentu." - Sistem Penjendelaan
"Sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampikan berbagai informasi pada satu atau lebih jendela(window)"
Jenis-jenis jendela (window):- Jendela TTY
- Time-Multiplexed Windows
- Space multuplex window
- Non Homogen
- Manipulasi Lansung
"Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan intruksi langsung yang ada pada layar komputer"
Penerapannya:- Kontrol Proses
Dalam perkembangannya, panel-panel kontrol yang semula menempel pada dinding tembok, sehingga memerlukan ruangan yang cukup besar, kemudian diubah menjadi semacam tampilan yang dapat digambarkan pada layar komputer, sehingga operator akan lebih nyaman. - Editor Teks
Konsep WYSIWYG(what you see is what you get) pengguna akan mendapatkan hasil cetakan seperti apa yang muncul pada layar tampilan - Simulator : Simulator merupakan sistem miniatur yang mencoba menirukan kerja suatu sistem yang berskala sangat besar atau sangat kecil jika dilihat dari kacamata orang awam. Contohnya misalnya pada simulator penerbangan.
- Kontrol lalu lintas penerbangan
Sistem radar berpegang pada adanya kemampuan untuk mengenal pola berntuk-bentuk tertentu seperti yang dapat dikerjakan oleh manusia. - Perancangan Bentuk/model(computer aided design)
Contoh yang paling populer adalah sebuah program yang bernama dengan auto CAD
- Kontrol Proses
- Antarmuka Berbasis Interkasi Grafis.
"Dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu aktifitas"
0 Komentar